Makanan Pencegah Stress Saat Ujian

Menghadapi ujian memang butuh persiapan yang matang agar segala sesuatu berjalan lancar sesuai target. Persiapan belum cukup jika hanya belajar saja, kadangkala rasa stress sulit untuk dihindari saat harus belajar semua materi satu semester dalam satu minggu atau bahkan satu hari. Makanan pun punya peranan penting dalam mencegah rasa stress itu datang.
Berikut beberapa bahan makanan bernutrisi yang bisa jadi makanan pencegah stres untuk
pelajar (mahasiswa juga pelajar kan ya?) :
1.     Air
Pastikan untuk meminum air 6 – 8 gelas per hari, sebab minum banyak air bisa mengurangi dehidrasi yang berkaitan dengan melambatnya aktivitas otak, kurang fokus, masalah pencernaan, dan sembelit. Lagipula biasanya orang-orang tidak tahu kalau dirinya sedang mengalami dehidrasi. Selama ini yang kita tahu tanda-tanda dehidrasi hanya rasa haus. Tepi ternyata sering juga tubuh kita mengalami dehidrasi tanpa merasa haus sama sekali. Menurut Dr. Luciana, justru dehidrasi tanpa rasa haus itu yang lebih berbahaya. “Ketika muncul rasa haus, harus segera minum karena kalau dibiarkan, rasa haus akan hilang yang berarti tingkat dehidrasi menjadi lebih tinggi,” kata Dr. Luciana.
Dalam diskusi tersebut, Dr. Luciana juga memaparkan hasil studi terbaru tahun 2010 yang dilakukan oleh 2 pakar gizi Amerika Serikat, Lawrence E. Armstrong, PhD dan Harris R. Lieberman, PhD. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa dehidrasi dapat berdampak negatif pada tingkat kinerja, kognitif dan mood.
Kemampuan kognitif sendiri merupakan kemampuan intelektual kita. Jika kinerja kognitif kita menurun biasanya konsentrasi dan kewaspadaan kita berkurang. Kita juga menjadi sulit dalam mempersepsikan sesuatu, alias lemot.
2.     Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C yang merupakan sumber folat yang bisa mengurangi tingkat hormon stres, menyediakan makanan bagi otak dan menjaga perkembangan sel otak,  dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makan 3000 miligram vitamin C, bisa menjaga tekanan darah dan tingkat cortisol kembali normal. 
3.     Bayam
Bayam kaya akan zat besi, vitamin A dan kalsium. Membantu tubuh mengkonversi kolin atau asam amino yang bisa membantu dalam memori dan proses belajar. Juga berkhasiat mengurangi stres dan kecemasan saat ujian.
4.     Susu
Segelas susu per hari merupakan keharusan, yaitu untuk mendapat kandungan kalsium yang diperlukan tubuh untuk menghindari stres. Bisa membantu membangun masa tulang, fisik dan memperkuat sistem kekebalan tubuh serta memelihara fungsi otak menjadi lebih fokus.
5.     Protein
Protein merupakan rantai asam amino yang berfungsi sebagai blok pembangun untuk otak dan sistem saraf . Berfungsi untuk perbaikan sel-sel otak dan pasokan energi bagi kewaspadaan serta daya ingat. Sumber protein bisa didapat pada tahu, kacang, daging, ayam dan produk susu rendah lemak. Hindari lemak daging babi dan sapi, karena mengandung lemak jenuh yang bisa memicu kelelahan mental.
 6.     Sereal
Satu mangkuk sereal baik untuk mengawali hari menjelang ujian. Pasalnya, karbohidrat pada sereal bisa memberikan energi sepanjang hari serta bisa membantu kita tetap enerjik. Pilih sereal yang rendah gula dan kaya serat, vitamin dan mineral.

0 Response to "Makanan Pencegah Stress Saat Ujian"

Posting Komentar