Amazing Child; Habiburrahman version: Fathan, Noval, dan Najmi


Seri I’tikaf 1430H (2) >>
Amazing Child; Habiburrahman version: Fathan, Noval, dan Najmi
by Surya Erlangga

Dalam pengalaman I’tikaf di Habiburrahman, alhamdulillah saya selalu dipertemukan oleh anak-anak kecil yang mempunyai cerita menarik dengan Al Qur’an. Kalau dua tahun yang lalu saya bertemu tiga bocah (Zaki, Yayang, dan Lukman), maka kali ini saya dipertemukan oleh Fathan, Noval, dan Najmi. Saya jamin kalo antm/rekan2 ketemu langsung, akan langsung terkagum/terheran2 melihat mereka.. pertanyaan pamungkas yang suka saya tanyakan kepada anak-anak kecil itu adalah udah ngaji berapa banyak pas I’tikaf ini? Atau udah berapa banyak hafalannya?

Fathan fadhillah, bocah Garut, sekarang kelas 1 SMP. Ke habib bersama neneknya, dengan kata lain, di wilayah ikhwan, dia hanya sendirian. Tiap kali ngliat, pasti dia sendirian. Tapi yang menarik, dia selalu membawa Al Qur’an dan buku catatan. Buku catatan ini pernah saya buka sendiri, dan isinya memang materi-materi yang pernah disampaikan pada I’tikaf saat itu. Luar biasa, yang mahasiswa aja kadang ga pernah nyatet (dengerin sih dengerin). Tapi coba tanya berapa hafalannya? Fathan hafal juz 29 & 30. Sekali lagi juz 29 & 30. Waktu saya mendengat bacaan Qur’annya juga bagus. Sampe saya tanya, ngajinya dari awal Ramadhan udah sebanyak 18 juz. Jadi??? Masih ada yang belum semangat untuk tilawah&menghafal Qur’an???


Next, Najmi dan Noval (kakak beradik). Tapi saya akan bahas Noval dulu. Si Adik ini ngaku umurnya 8 tahun, tapi kalo si Kakak (Najmi) bilang umurnya 6 tahun karena Noval lahir tahun 2007 (mungkin jalan 7 tahun kali ya). Lucu deh kalo merhatiin mereka berdua debat klo ditanya berapa umur Noval ^_^ si Noval bilang, “umur Noval 8 tahun”, trus si Najmi nimpaling, “gak.. umur Noval 6 tahun, kan lahir tahun 2002.” Muter-muter disitu aja terus.

Di depan Noval dan Najmi, saya pernah tanya ke Noval, ”Noval, udah hafal juz berapa?” belum sempet dijawab, kakaknya nimpalin,”dia (Noval, red.) sih ga hafalin Qur’an, dia hafalin Hadits.” I repeat once again, “dia (Noval, red.) sih ga hafalin Qur’an, dia hafalin Hadits.” Allahu akbar, saya bener2 ga nyangka, kagum ada anak kecil yang udah mulai nghafalin hadits.

“Coba donk, saya mau denger hafalan hadits Noval?” nanya saya lugu ^_^

Bener lho.. Kagum saya!!! Dengan suara dan berucap khas gaya anak kecil, dengar lengkap dia menyebutkan satu per satu perawi hadits, matan, sampai periwayatnya, dan semua pake bahasa aslinya (bahasa Arab, bukan bahasa Indonesia).. jadi misalnya an abi hurairah dst.. sempet lupa ditengah2, tapi diingetin ma Najmi, bisa diterusin sampe selesai.. asli pake bahasa Arab.. dan saya tanya, “Artinya apa Val?” dia cuma geleng-geleng kepala.. wow, cuma bisa arabnya aja, luar biasa, subhanallah.. dan pas ditanya lain waktu ttg berapa hafalan qur’annya, dia cuma jawab,”baru juz 30 aja, itu juga suka lupa2.” Mau ga percaya? Anak kecil yang jawab lho, masih polos dia ^_^

Beda lagi sama si kakak alias Najmi, foto berikut adalah kali pertama saya melihat Najmi. Gayanya itu menarik perhatian saya. Gaya khas anak kecil yang lagi baca Qur’an sangat menikmati seakan lagi baca buku komik atau buku cerita bergambar yang memang sudah lazimnya menjadi kesukaan anak kecil pada umumnya. Waktu itu mau diajak kenalan, tapi sudah menghilang entah kemana.. jadi baru ada kesempatan kedua, baru sempat kenalan. Dengan mata dia yang 5 watt (ngantuk mau tidur), saya datengin dan ajak kenalan. Dari situ saya tau nama, tinggal dimana, punya adik namanya Noval (seperti yang diceritakan diatas).. tapi yang satu ini juga punya keunikan. Awal pertanyaannya masih sama, “Najmi sudah hafal juz berapa aja?” lalu dia jawab,”baru sampe Al-Hasyr.”

Waktu dia jawab gitu, masih multitafsir kan.. sampe Al-Hasyr, darinya dari mana? Dari Al-Baqarah ato dari An-Naas? He3x.. rasa penasaran itu hilang begitu saya tanya,”oh berarti juz 28 sd 30 ya?” si Najmi ngangguk pasti.. wow.. luar biasa. Yang uniknya lagi, begitu saya minta dengar bacaan Qur’annya, ternyata bacaannya BELUM LANCAR, masih terbata2. Dia sendiri ngaku begitu. Kata dia, gara-garanya dia ga lewat iqro’ 5 dan 6, jadi dari iqro’4 langsung loncat ngaji Al Qur’an.. he3x, ya gpp sih.. dari tiga anak ini, Najmi yang paling membuat saya senyum-senyum sendiri, mengagumi tingkah anak ini.. bahkan saya sempet muraja’ah bareng juz 30 plus Al-Mursalat dan sedikit Al-Insan.. Allahu Akbar!!!

Anak ini (Najmi) mandiri lho.. kadang dia ditinggal ma Abinya (&Noval) untuk pulang ke rumah atau bekerja, tapi dia tetap santai di masjid, main-main, lari-lari, ga tau juga mainnya sama siapa dimana. Kadang klo lagi nganggur, saya ajak ngaji bareng aja. Saya dengan ngaji saya, dan dia dengan ngajinya dia sendiri..

Untuk beberapa rekan2 yang saya kenal, biasanya tiga anak ini saya perkenalkan kepada mereka.. tentu perkenalan dengan seabreg keunikan yang Allah anugerahkan kepada mereka, supaya kami yang tua-tua ini bisa ‘bangun’ dan terlecut untuk tetap meningkatkan interaksinya dengan Al-Qur’an..

Semoga jumlah anak2 seperti ini makin banyak dan bisa mengganti makhluk2 kayak saya ini yang udah telat nghafalin Qur’an, lama waktunya, males/ga semangat, trus gampang lupa lagi parah benerr T_T

Semoga bermanfaat, ke edisi selanjutnya…

2 Responses to "Amazing Child; Habiburrahman version: Fathan, Noval, dan Najmi"

  1. aslm.
    subhanallah maha suci allah. ane kirain hanya dipalestina saza yg begini tp indonesia juga ada toh.ane jadi malu, ayo yang ngakunya para aktivis dakwah masa kalah ama anak kecil.

    BalasHapus
  2. subhanallah...
    kpn ya aq bs sprti mrka...
    jd malu

    BalasHapus