its Big Dream !

Bismillah J

 海賊王に俺はなる! (Kaizoku-o ni ore wa naru!) ~ “I’m gonna be the Pirate King”
Itulah kata-kata pamungkas yang sering kali diteriakkan oleh seorang tokoh utama anime buatan Oda-Sensei yaitu Monkey D. Luffy di One Piece. Tidak hanya Luffy yang memiliki mimpi yang bisa dibilang ‘berani’, kru bajak lautnya pun memiliki mimpi yang tidak bisa dibilang biasa.
Zoro bermimpi untuk menjadi pemain pedang terhandal di dunia
Nami bermimpi untuk menggambar petana seluruh dunia.
Ussop si pembohong bermimpi untuk menjadi petarung pemberani di lautan.
Sanji bermimpi menemukan All Blue yaitu lautan dimana semua jenis ikan hidup dan merupakan surganya para koki handal.
Chopper bermimpi dapat menjadi doctor handal yang dapat menyembuhkan seluruh penyakit.
Robin bermimpi menemukan sejarah yang hilang dengan mencari Rio Poneglyph (semacam prasasti atau batu yang menceritakan sejarah suatu kaum atau bangsa)
Franky bermimpi mengelilingi Grand Line dengan kapal impian buatannya sebagai tukang pembuat kapalnya
Brook yang tinggal tengkorak bermimpi bertemu Laboon (seekor paus), sesuai dengan janjinya 50 tahun yang lalu

Dari semua kru nya Luffy tak ada satu pun mimpi yang biasa atau bahkan bisa dibilang mimpi mereka luar biasa. Yap inilah sebuah manga atau komik yang disajikan oleh seorang Komikus asal Jepang yang menjadi booming bahkan setelah 18 tahun berlalu sejak pertama kali komik ini diterbitkan di Negara asalnya.

Lantas kita sebagai orang muslim kalah dong dengan sebuah komik, Ngga juga tuh! Nah jauh sebelum ada One Piece, kita orang muslim pun sudah diberitahu tujuan hidup yang sangat luar biasa bahkan sebelum ada yang namanya komik!

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi… ".
(QS: Al-Baqarah Ayat: 30)

Yap sebagai manusia selain kita wajib beribadah (Ad Dzariyat: 56) kita ternyata sudah dibertahu tujuan luar biasa yang kedua yaitu menjadi Khalifah di bumi ini. Nah karenanya jangan lah kita sampai lupa dan malah bersantai ria seakan-akan hidup ini tanpa tujuan.

Selain itu kenapa sebagai seorang muslim, kita pun harus mempunyai mimpi? Kenapa? Karena mimpi bisa dibilang sebagai tujuan. Jika menjadi khalifah adalah tujuan jangka panjang, maka akan lebih baik jika ada tujuan jangka pendek.

Kenapa kita harus punya mimpi?
1.      Agar hidup lebih semangat^^
Percaya apa tidak, seorang yang memiliki tujuan yang spesifik dalam hidupnya akan menjalani hari-harinya dengan lebih semangat. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki tujuan atau bahkan mimpi sekalipun.
2.      Agar kita tahu apa yang harus kita lakukan
Jika kita tahu apa tujuan kita, maka kita akan mencari cara bagaimana mencapainya! Sehingga waktu-waktu yang kita miiki pun akan lebih bermanfaat yaitu dengan mencari cara bagaimana mencapai impian-impian kita.
3.      (Biasanya) Orang besar punya mimpi yang besar juga :D
Biasanya sebuah komik di baca oleh seorang bocah kemudian bocah tersebut mengikuti tokoh utama di komik tersebut sebagai bentuk proses sosial yaitu imitasi dan juga meniru. Nah disini kita dapat melihat bahwa tokoh-tokoh utama yang ada memiliki mimpi yang luar biasa, dan jika anak-anak kecil di Jepang pikirannya terpengaruhi sehingga meniru para tokoh utama yang memiliki mimpi luar biasa bagaimana?

Yap anak-anak kecil di Jepang, sejak kecil akan memiliki mimpi yang luar biasa juga. Padahal hal tersebut merupakan hasil dari menonton sebuah kartun yang notabene hanya sebagai hiburan. Tidak aneh jika Jepang menjadi Negara maju, toh film kartunya saja sarat dengan makna dan motivasi. Itu menurut saya, tapi mungkin berbeda dengan orang lain.

Nah kembali ke Indonesia bagaimana dengan Indonesia? Kini melihat tv kebanyakan yang disajikan adalah sinetron bertemakan keluarga tapi banyak hal-hal negatif sepeerti pertengkaran, perceraian, kemudian hubungan yang tidak halal seperti selingkuh ataupun pacaran diumbar tanpa batas. Dan kita lihat bagaimana dampaknya kepada masyarakat kita.

Namun jangan lupa didalam Mimpi yang besar pasti akan ada rintangan yang besar pula. Tapi jangan menyerah karena kita orang muslim memiliki Sang Penguasa Mimpi, yaitu Dia.
Nah Indonesia pun memiliki segudang orang hebat, salah satunya yaitu seorang pemimpi yang mampu membuat mimpinya menjadi nyata. Siapakah dia? Yap Si Pembuat Jejak dari IPB, walaupun beliau awalnya ditertawakan oleh teman-temannya namun beliau pada akhirnya mampu menyeleseikan ‘Daftar 100 mimpinya’. So orang Indonesia pun kalau mau, InsyaAllah bisa ^^!
Tokoh khayalan kaya Luffy ajah mimpinya besar banget, masa kita yang udah dikasih kesempatan menjadi yang nyata kalah!! Mimpinya aja kalah -_-“

So Selamat Bermimpi Kawan, dan Jangan Lupa Menjadikanya Nyata! Tidak Mudah Memang! Tapi Bukan Berarti Tidak Mungkin!

Referensi
Manga “ONE PIECE” karya Eichiro Oda
http://en.wikipedia.org/wiki/Eiichiro_Oda
Sergiart.deviantart.com (Gambar)
mangastream.com/blog/23
http://quran-terjemah.org/al-baqarah/page-5.html

oleh : 
Nisrina Amelia Almas
(Korwat Dept.Humas Assalam Gen-X)

0 Response to "its Big Dream !"

Posting Komentar