Maryamah Karpov




Judul: : Maryamah Karpov
Penulis: : Andrea Hirata
Penerbit: : Bentang Pustaka
Tanggal Terbit: : Desember 2008
Kategori: : Petualangan

Maryamah Karpov, sebagai novel terakhir dalam tetralogi Laskar Pelangi, diharuskan untuk bisa menjawab semua, atau setidaknya sebagian besar pertanyaan yang ada di 3 novel sebelumnya dalam tetralogi Laskar Pelangi, yaitu novel Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan Edensor.
Dan memang, novel Maryamah Karpov berhasil menjawab sebagian besar pertanyaan besar di tiga novel tersebut.

Beberapa pertanyaan yang akan dijawab di novel ini adalah:
1. Di mana A Ling sekarang? Bagaimana nasibnya?
2. Juga bagaimana nasib Lintang sekarang?
3. Apakah Ikal bisa bertemu kembali dengan A Ling?
4. Dan bagaimana nasib anggota Laskar Pelangi lainnya?
5. Bagaimana dengan Arai? Dan cintanya kepada Zakiah?


Novel ini dibuka dengan cerita Ikal tentang adanya satu kesialan yang amat sangat, yang diceritakan tidak pernah menghampiri Ikal maupun ayahnya. Tapi… Akhirnya Ikal akan merasakannya. Merasakan diberikan cobaan nan tak tertanggungkan (dalam bahasa Andrea) oleh seorang perempuan. Perempuan? Siapakah itu? Apakah pekerjaannya?

Singkat cerita, Ikal kembali ke Indonesia, setelah menyelesaikan studinya. Tepatnya ke Belitong. Sepertinya Ikal cukup lama berada di Belitong, lebih dari satu tahun. Di Belitong, dia kembali bertemu dengan anggota Laskar Pelangi, dan juga sang simpai keramat, Arai.

Andrea kembali bercerita tentang pulau Belitong, tentang orang-orangnya, dan juga tentang ibu dan ayahnya kembali. Dari hal-hal yang kecil sekalipun, seperti taruhan yang sering terjadi di Belitong (yang berakhir dengan lucu), sampai seorang dokter gigi yang masuk ke Belitong.
Dan juga, Andrea kembali menceritakan perjuangannya untuk kembali menemukan cintanya yang telah lama hilang, A Ling. Perjuangannya dimulai dari hal-hal yang logis, sampai yang tidak logis. Lucu dan seram terpadu dalam perjuangannya ini. Dari membuat perahu (yang jelas-jelas di luar bidang Andrea) sampai bertemu dukun sakti. Ini adalah bagian inti dari novel Maryamah Karpov sendiri.

Dan, kisah Maryamah Karpov ini diakhiri dengan ending yang unexpected. Tidak terduga.

Taken from : www.lemaribuku.com

0 Response to "Maryamah Karpov"

Posting Komentar