“MR & MISS COMPLAIN”


Pernahkah anda menghitung berapa kali anda mengeluh dalam satu hari?? Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Jika dibuat daftarnya,,bisa jadi sepanjang hari itu kita lebih banyak mengeluh dari mulai hal-hal sepele dirumah,, dikampus,, tugas kuliah,, masalah organisasi,, samapai hal-hal yang kita rasa berat.
Suatu hal yang wajar sih jika sesekali kita mengeluh,, karena sudah menjadi kodrat manusia suka berkeluh kesah seperti disebutkan dalam surat Al-Ma’arij ayat 19-21 “sesungguhnya manusia itu diciptakan dengan sifat suka mengeluh. Apa
bila ditimpa musibah ia mengeluh dan apabila ia ditimpa kesenangan berupa harta, ia jadi kikir.” Tapiii yang sering terjadi,, tidak ditimpa musibah pun kita mengeluh. Jalanan macet kita mengeluh,, tidak punya uang, mengeluh. Sakit sedikit, mengeluh. Masakan tak enak, mengeluh. Tidak bisa tidur, mengeluh,Kehujanan, mengeluh. Kepanasan, mengeluh. Untung sedikit, mengeluh. Begitu seterusnya.. ckckckkcckckk.... semua hal ajah kita keluhin,, mau dibawa kemana hidup kita iniiii????!!!!
Sebenernya sebagai makhluk yang lemah,, setiap manusia tentu saja suatu waktu pernah mengeluh,, baik disadari atau tidak, tapi jangan sampai hal itu menjadi kebiasaan, yang akhirnya menjadi karakter yang bakal sulit dihapus dari kepribadian kita....... tau gak sih, kalau orang yang memiliki karakter suka mengeluh itu akan berdampak pada munculnya suasana yang gak nyaman bagi lingkungan dan orang sekitarnya. Suka mengeluh juga memperlihatkan sikap yang tidak optimis dalam menghadapi suatu kenyataan yang ada di depannya. Jika sikap ini dibiarkan terus akan membahayakan bagi yang bersangkutan. Dia menjadi skeptis, peragu dan pesimis, serta sulit untuk maju, karena sebelum melangkah yang tergambar dalam pikirannya adalah kesulitan demi kesulitan, bahkan kegagalan demi kegagalan.
Suka mengeluh itu merupakan sifat yang tercela. Mengapa ? Karena menunjukkan ia tidak mau menerima ketetapan dari Allah. Tidak mau mensyukuri karunia Allah. Padahal apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi para hamba-Nya, merupakan sesuatu yang terbaik bagi yang bersangkutan, betapa pun sangat pahit dirasakan. Ketetapan yang sangat pahit dirasakan itu bisa berupa kesulitan hidup, kemiskinan, penyakit, dan lain lain yang sejenis. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda :"Tiadalah musibah yang menimpa orang beriman, baik berupa sakit, sedih, susah, maupun terkena duri di kakinya, kecuali Allah akan menjadikannya sebagai tebusan (kafarat) atas perbuatan dosa yang telah dilakukannya."  (HR. Bukhari dan Muslim).
Mmmmmhhhhh.. kita emang harus waspada sama sifat yang satu ini, jangan sampai sifat buruk ini menjelma menjadi bagian dari karakter kita.. pasti gak mau kan kita dicap sebagai MISTER OR MISS COMPLAIN?? Soooo,, kita perlu latihan pengendalian diri biar gak selalu ngeluh. Gimana caranyaaaa?????
1.     Biasakan menyampaikan keluh kesah pada Allah semata
2.     Kita bisa berkeluh kesah pada orang lain,, hanya jika keluh kesah itu merupakan hal yang penting.
3.     Bicarakan solusi yang praktis
4.     Jangan membesar-besarkan hal yang kecil
5.     Bicaralah tentang nikmat Allah
6.     Lihatlah mereka yang kurang beruntung
7.     Bicarakan masalah-masalah yang lain yang lebih penting
8.     Kenali sikap suka mengeluh yang sudah menjadi kebiasaan
9.     Sedikit bicara
Yo, mulai saat ini juga kita belajar untuk gak gampang ngeluh dan rasakan hidup kita akan lebih indah..

0 Response to "“MR & MISS COMPLAIN”"

Posting Komentar